Panduan Pembelajaran Anak-Anak - Paud Kita
News Update
Loading...

Minggu, 17 November 2019

Panduan Pembelajaran Anak-Anak

Panduan Pembelajaran Anak-Anak

Seiring dengan keingintahuan alami anak-anak dan kegigihan mereka sebagai pembelajar yang memotivasi diri, apa yang mereka pelajari selama 4 atau 5 tahun pertama mereka tidak dipelajari.

Lima gelas plastik dibuang di atas meja di depan seorang anak, yang hanya diberi tahu, "Ini untuk Anda mainkan." Meskipun anak-anak sebelumnya melihat cangkir bersarang, tidak ada kebutuhan nyata bagi mereka untuk berusaha bersarang gelas sendiri, mereka bisa dengan mudah menumpuknya, membuat kereta imajiner, berpura-pura minum dengan gelas tersebut, dll. Namun, anak-anak segera mulai mencoba menyatukan cangkir, sering bekerja lama dan keras dalam prosesnya.

Secara keseluruhan, dalam manipulasi spontan mereka terhadap satu set cangkir bersarang, anak-anak yang sangat muda berkembang dari mencoba untuk memperbaiki kesalahan mereka dengan mengerahkan kekuatan fisik tanpa mengubah hubungan di antara elemen-elemen, untuk membuat perubahan terbatas pada bagian dari set masalah, untuk mempertimbangkan dan mengoperasikan masalah secara keseluruhan. Tren "perkembangan" ini diamati tidak hanya lintas usia, tetapi juga pada anak-anak yang sama pada usia yang sama (30 bulan) yang diberikan waktu yang lama untuk bermain dengan cangkir.

Yang paling penting, anak-anak bertahan, bukan karena mereka harus, atau dibimbing, atau bahkan karena mereka merespons kegagalan, mereka bertahan karena kesuksesan dan pemahaman memotivasi dalam hak mereka sendiri.

Panduan Pembelajaran Anak-Anak

Kegiatan bayi dilengkapi dengan hubungan orang dewasa-anak yang mendorong keterlibatan anak-anak secara bertahap dalam kegiatan masyarakat yang terampil dan dihargai di tempat mereka tinggal. Penelitian telah menunjukkan bahwa pembelajaran sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial ini. Faktanya, penelitian interaksi ibu yang menyalahgunakan narkoba dan bayinya menunjukkan bagaimana tidak adanya interaksi belajar kritis ini menekan pembelajaran bayi yang berusia 3 dan 6 bulan.

Orang tua dan orang lain yang merawat anak-anak mengatur kegiatan mereka dan memfasilitasi pembelajaran dengan mengatur kesulitan tugas dan dengan memodelkan kinerja yang matang selama partisipasi bersama dalam kegiatan. Sejumlah besar penelitian observasional telah memberikan catatan terperinci tentang interaksi pembelajaran antara ibu dan anak-anak mereka. Sebagai ilustrasi, lihat seorang ibu dengan anak berumur 1 tahun berlutut di depan koleksi mainan. Sebagian besar waktunya dicurahkan untuk kegiatan fasilitatif dan pengaturan suasana seperti memegang mainan yang tampaknya membutuhkan tiga tangan untuk memanipulasi, mengambil hal-hal yang telah didorong keluar dari jangkauan, membersihkan hal-hal yang tidak ada saat ini. digunakan untuk memberikan anak dengan fokus yang lebih tajam untuk kegiatan utama, memutar mainan jadi

bahwa mereka menjadi lebih mudah dipahami, menunjukkan sifat-sifat mereka yang kurang jelas, dan sepanjang membentuk tubuhnya sedemikian rupa untuk memberikan dukungan fisik maksimal dan akses ke bahan bermain.

Panduan Pembelajaran Anak-Anak

Selain penelitian yang menunjukkan bagaimana orang dewasa mengatur lingkungan untuk mempromosikan pembelajaran anak-anak, banyak penelitian juga telah dilakukan tentang bagaimana orang dewasa membimbing pemahaman anak-anak tentang bagaimana bertindak dalam situasi baru melalui isyarat emosional mereka mengenai sifat situasi, nonverbal model bagaimana berperilaku, interpretasi verbal dan nonverbal dari peristiwa, dan label verbal untuk mengklasifikasikan objek dan peristiwa. 

Orang tua membingkai bahasa dan perilaku mereka dengan cara yang memfasilitasi pembelajaran oleh anak-anak kecil. Sebagai contoh, pada bulan-bulan awal, pembatasan bayi berbicara dengan sejumlah kecil kontur melodi memungkinkan bayi untuk prototipe vokal abstrak. Pelabelan objek dan kategori orang tua dapat membantu anak-anak dalam memahami hierarki kategori dan mempelajari label yang sesuai. Komunikasi dengan pengasuh untuk mencapai tujuan sehari-hari adalah dasar bagi pembelajaran awal anak-anak tentang bahasa dan alat kognitif lain dari komunitas mereka.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done