Apakah Akreditasi Berarti dalam Program Anak Usia Dini? - Paud Kita
News Update
Loading...

Selasa, 19 November 2019

Apakah Akreditasi Berarti dalam Program Anak Usia Dini?

Apakah Akreditasi Berarti dalam Program Anak Usia Dini?

Jika Anda orang tua baru atau calon orang tua, Anda menginginkan yang terbaik untuk anak-anak Anda. Jika Anda mencari program anak usia dini untuk sebagian tahun sebelum TK, Anda ingin membuat pilihan yang tepat. Saat Anda melihat berbagai program, Anda cenderung melihat beberapa (tetapi tidak semua) akreditasi yang digembar-gemborkan.

Banyak orang, setelah mengetahui hal itu, terkejut mendengar bahwa akreditasi program anak usia dini adalah suatu hal. Apakah ini benar-benar jenis akreditasi yang dicapai oleh sekolah swasta, perguruan tinggi, dan universitas? Dan apakah ini benar-benar bermakna?

Jawaban singkatnya: ya, sangat mirip; dan ya, itu sangat berarti (tetapi dengan beberapa peringatan penting). Tetapi sebelum kita melompat ke nilainya, mari kita belajar lebih banyak tentang akreditasi program anak usia dini.

Apa itu Akreditasi Program Anak Usia Dini?

Organisasi akreditasi anak usia dini berfungsi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan badan akreditasi pendidikan lainnya (apakah K-12 atau perguruan tinggi). Organisasi akreditasi melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh operasi sekolah pelamar. Area yang dievaluasi dan standar yang diharapkan bervariasi, tetapi evaluasi umumnya akan mencakup fasilitas, kurikulum, dan kredensial fakultas. Pada tingkat anak usia dini, standar akreditasi juga dapat mencakup bidang-bidang seperti hubungan, penilaian kemajuan perkembangan, dan kesehatan. Jika sekolah (atau dalam hal ini, program anak usia dini) memenuhi standar yang telah ditentukan oleh badan akreditasi, akreditasi diberikan.

Apakah Akreditasi Berarti dalam Program Anak Usia Dini?

Di semua tingkatan proses aplikasi cukup ketat, dan hampir semua lembaga yang mengajukan akreditasi untuk pertama kalinya akan menemukan standar yang tidak terpenuhi. Untuk alasan ini, proses aplikasi standar memakan waktu 2 tahun atau lebih dan seringkali melibatkan tahun sementara atau pencalonan. Jika suatu institusi atau program cukup baik di jalur yang benar menuju akreditasi, badan akreditasi akan sering menawarkan panduan atau rekomendasi tentang bidang-bidang yang harus ditingkatkan selama tahun pencalonan. Jika lembaga melakukan perbaikan yang diperlukan selama tahun itu, mereka diberikan status sebagai anggota atau terakreditasi. Tentu saja, proses ini sedikit berbeda dari satu program ke program lainnya.

Siapa yang Menawarkan Akreditasi Program Anak Usia Dini?

Ada beberapa organisasi yang menawarkan akreditasi program anak usia dini. Banyak dari ini memiliki banyak kesamaan, tetapi masing-masing memiliki rasa atau rasa sendiri. Kami akan membahas 5 program yang paling signifikan.

Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Kecil (NAEYC) adalah salah satu yang pertama yang menawarkan akreditasi program pembelajaran dini. Ini telah menawarkan layanan akreditasi selama lebih dari 30 tahun. NAEYC adalah pemain terbesar di antara organisasi akreditasi untuk program anak usia dini. Banyak orang tua menganggap akreditasi NAEYC bergengsi: organisasi menyatakan bahwa sedikit lebih dari 7.000 program — kurang dari 10 persen dari semua fasilitas — telah mencapai akreditasi NAEYC.

Apakah Akreditasi Berarti dalam Program Anak Usia Dini?

Lembaga akreditasi umum lainnya termasuk Lingkungan Pembelajaran Prasekolah Profesional Terakreditasi (APPLE), yang memiliki lebih dari 1000 sekolah anggota, dan Akreditasi Program Anak Usia Dini Nasional (NECPA), yang telah beroperasi sejak 1991. Kedua program ini menekankan fleksibilitasnya. Akreditasi mereka cukup fleksibel untuk diberikan dalam berbagai pengaturan anak usia dini, termasuk "pusat-pusat kecil, milik pribadi, berbasis agama, atau program perusahaan" (APPLE) dan "berbasis pusat, rumah keluarga, pelayanan atau berbasis agama, dan pusat universitas, antara lain ”(NECPA).

Ada juga badan akreditasi khusus, seperti American Montessori Society (AMS) (yang hanya mengakreditasi program metode Montessori) dan Asosiasi Sekolah Kristen Internasional (yang menawarkan akreditasi anak usia dini dan K-12 untuk sekolah-sekolah Kristen). Akreditasi sangat berharga bagi banyak orang tua yang mencari bentuk pendidikan ini untuk anak-anak mereka. Beberapa standar akan berbeda karena perbedaan dalam filosofi dan pendekatan. Tapi seperti yang lain, badan akreditasi ini memastikan lembaga anggota mempertahankan standar yang ketat.
Next
This Is The Current Newest Page
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done