Nilai Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Kita
News Update
Loading...

Selasa, 19 November 2019

Nilai Pendidikan Anak Usia Dini

Nilai Pendidikan Anak Usia Dini

Sebagian besar anak-anak mulai menerima pendidikan formal selama TK. Penelitian ilmiah terbaru telah membuktikan bahwa pembelajaran dan perkembangan mental dimulai segera setelah lahir. Selama tiga tahun pertama kehidupan seorang anak, otak esensial dan perkembangan saraf terjadi. Oleh karena itu, anak-anak sangat diuntungkan dengan menerima pendidikan sebelum TK.

Karena taman kanak-kanak mulai sekitar usia 5 hingga 6 untuk kebanyakan anak, setelah perkembangan otak utama terjadi, orang tua harus mulai mendidik anak-anak di usia yang lebih muda.

Banyak orang tua mulai mendidik anak-anak mereka selama tahun-tahun perkembangan yang penting ini. Namun, banyak orang tua lalai meluangkan waktu untuk mendidik anak-anak mereka. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, seperti jadwal kerja yang panjang dan ketidaktahuan tentang pentingnya mendidik anak-anak di usia muda.

Nilai Pendidikan Anak Usia Dini

Sayangnya, tidak hanya anak-anak yang terkena dampak negatif karena tidak dididik pada usia dini, tetapi dampak negatifnya sering bergema di masyarakat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Proyek Abecedarian (ABC) mengevaluasi dua kelompok anak untuk jangka waktu yang lama, mereka yang memiliki pendidikan prasekolah formal dan mereka yang tidak menerima pendidikan formal. Menurut temuan mereka, anak-anak dengan pendidikan formal mendapat nilai lebih tinggi pada tes membaca selama tahun-tahun sekolah berikutnya. Juga ditunjukkan bahwa anak-anak yang tidak menerima pendidikan formal apa pun di masa pra-TK mereka lebih mungkin berjuang dengan penyalahgunaan zat dan perilaku nakal di tahun-tahun awal dewasa mereka.

Kesimpulan yang diambil dari sebagian besar penelitian tentang pendidikan anak usia dini adalah bahwa individu dan masyarakat sangat diuntungkan, dalam hal manfaat sosial, ekonomi, dan lainnya. Penekanan lebih besar ditempatkan pada pendidikan awal adalah salah satu strategi untuk mengurangi penyalahgunaan zat dan perilaku kriminal yang mengganggu banyak remaja dan dewasa muda. Manfaat ekonomi, misalnya, bisa sangat besar ketika penekanan diberikan pada pendidikan anak usia dini.

Penelitian terbaru dari Asosiasi Nasional Dewan Pendidikan Negara menemukan bahwa sia-sia untuk menetapkan tujuan pendidikan federal tanpa program pendidikan pra-TK.

Nilai Pendidikan Anak Usia Dini

The United Way adalah organisasi yang bekerja untuk meningkatkan pendidikan pra-TK. Akibatnya, ia terlibat dalam kampanye nasional yang dikenal sebagai Born Learning, kampanye yang dirancang untuk mendorong orang tua untuk mulai mendidik anak-anak di usia muda. The United Way bekerja dengan orang tua yang merasa tidak siap atau tidak mampu mendidik anak-anak mereka secara efektif. Misalnya, karena anak-anak memiliki rentang perhatian yang rendah, orang tua didorong untuk menggunakan kegiatan rutin sehari-hari untuk mengajar anak-anak pelajaran berharga, seperti meminta anak masuk ke ruangan dan mengambil sejumlah barang tertentu. Ini membantu anak-anak menjadi terbiasa dengan angka dan belajar berhitung. Kegiatan lain, seperti membuat anak mengidentifikasi warna dan bentuk benda, adalah kegiatan lain yang efektif untuk mendidik mereka.

Meningkatkan pendidikan pra-TK anak adalah salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan masyarakat secara ekonomi dan sosial. Telah ditunjukkan bahwa anak-anak harus mulai menerima pendidikan sebelum TK karena anak-anak mengalami perkembangan otak yang substansial selama tahun-tahun awal ini.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done